IDEATHON

Ini saatnya orang muda ambil peran untuk pelayanan publik prima lewat #BeribuIde di Ideathon Tons-Of-Idea!

Apa Itu Ideathon?

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian PANRB bersama USAID ERAT membuka peluang bagi kamu untuk berkontribusi dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik dengan mengirimkan ide dan solusi pada kompetisi Ideathon. Ide-ide segarmu sangat berarti di sini! Karena, apalah arti perbaikan pelayanan publik di sekitar kita kalau kita tidak terlibat aktif di dalamnya.

Menjawab Tantangan di 6 Wilayah

Ide terbaik kamu bisa dijadikan kenyataan dan diimplementasikan untuk menjawab masalah dan tantangan di enam provinsi ini loh!

Jenis Ide yang Bisa Kirimkan

Gagasan

Ide program untuk menjawab permasalahan utama

Produk

Ide kebijakan, alat berbasis teknologi, atau produk lain yang dapat diimplementasikan agar pelayanan publik lebih baik dan inklusif.

Sistem

Ide yang berbentuk rancangan sistem atau skema yang dapat mempermudah atau memangkas jalur birokrasi pelayanan publik agar menjadi lebih cepat dan efektif.

Aplikasi

Ide berbasis teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan masyarakat berupa inovasi yang belum ada di daerah lainnya maupun layanan digital terpadu.

Platform

Ide yang berbentuk wadah informasi yang dapat dijangkau luas oleh masyarakat untuk mengakses layanan publik.

Isu Pelayanan Publik

Perkembangan digitalisasi yang begitu pesat perlu diimbangi dengan peningkatan infrastruktur pendukung dan pelayanan dasar secara merata. Pemerataan ini memastikan perkembangan digital mampu memberikan nilai tambah ekonomi kepada masyarakat.

Semua orang berhak sehat. Pelayanan kesehatan berkualitas dengan biaya terjangkau, pelayanan yang inklusif, dan fasilitas yang mumpuni dan merata adalah kuncinya. Untuk mewujudkan kondisi tersebut, kepesertaan setiap orang dalam cakupan kesehatan semesta (universal healthcare) dan perbaikan pelayanan kesehatan perlu digencarkan.

Layanan pendidikan punya peran mendasar dalam pembangunan dan upaya mencapai kesejahteraan masyarakat. Namun, tingkat partisipasi sekolah di Indonesia masih belum optimal di tingkat sekunder dan tersier. Pemerataan layanan pendidikan berkualitas serta penguatan budaya literasi, inovasi, dan kreativitas menjadi kuncinya.

Kemiskinan dan kesejahteraan adalah isu struktural. Dalam upaya pengentasan kemiskinan, kebijakan jangka pendek seperti penguatan program jaring pengaman sosial diperlukan. Kebijakan ini juga perlu didukung dengan kebijakan jangka panjang seperti penyediaan perumahan terjangkau, air bersih bagi masyarakat umum, peningkatan kualitas pendidikan, hingga perluasan lapangan pekerjaan.

Charles Darwin pernah mengatakan, bukan spesies terkuat yang akan bertahan, melainkan mereka yang paling responsif terhadap perubahan. Di tengah rentetan ancaman bencana dan gempuran dampak perubahan iklim, pelayanan publik kita pun perlu terus beradaptasi melalui peningkatan penanggulangan dan ketahanan terhadap bencana. 

Ibarat kendaraan yang berjalan saat mesinnya bekerja, kondisi pelayanan publik prima pun dapat tercapai ketika kelembagaan dan birokrasi pemerintahan berfungsi dengan efektif. Selain penyederhanaan birokrasi, adanya struktur organisasi, tata kelola, serta budaya dan manajemen sumber daya manusia dalam lembaga yang menunjang berperan penting dalam mewujudkan hal ini.

Pelayanan publik harus dapat merangkul siapapun secara merata, apapun gender mereka. Adopsi dan implementasi kebijakan yang menjamin penghargaan pada pekerja domestik, hak yang sama kepada perempuan dan minoritas gender terhadap sumber daya ekonomi, dan partisipasi penuh dalam proses pengambilan keputusan diperlukan. Upaya untuk mengakhiri segala bentuk diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan dan anak juga harus didorong.

Siapa Aja Sih yang Bisa Ikutan Ideathon?

  • Mahasiswa program Diploma dan Sarjana Strata-1 berusia maksimal 35 tahun.
  • Individu atau kelompok (maksimal 3 orang). Kelompok boleh beranggotakan mahasiswa dari lintas jurusan atau lintas rumpun keilmuan.¬†
  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia maksimal 35 tahun.
  • Individu atau Kelompok (maksimal 3 orang). Kelompok boleh beranggotakan ASN lintas instansi.
  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia maksimal 35 tahun.
  • Individu atau Kelompok (maksimal 3 orang). Kelompok harus beranggotakan minimal satu orang akademisi atau praktisi.
  • Warga Negara Indonesia.

Jadi Ideators dan Dapatkan Kesempatan Untuk

Rangkaian sesi pelatihan secara daring dengan think tank serta para ahli di bidang pembangunan dan pelayanan publik untuk mengembangkan ide pemenang sebelum dipresentasikan pada National Showcase. Peserta berkesempatan melakukan sesi coaching one-on-one dengan ahli.

National showcase akan diadakan di Jakarta di mana pemenang dari setiap kategori akan melakukan pitching ide kepada panelis pemangku kepentingan yang terdiri dari KemenPAN-RB serta perwakilan pemerintah pusat terkait, media, dan aktor di bidang pembangunan dan/atau pelayanan publik. Peserta juga akan mendapat booth untuk menampilkan ide inovasinya kepada publik.

Rangkaian kegiatan studi banding tentang pelayanan publik dengan para ahli serta berjejaring (networking) dengan aktor di bidang pembangunan dan/atau pelayanan publik di suatu daerah setelah National Showcase.

Timeline Ideathon

Ideathon

Ideathon adalah kompetisi untuk menjaring ide dan inovasi untuk perbaikan layanan public yang diadakan oleh Kementerian PAN-RB yang bekerjasama dengan USAID ERAT.

Tons-of-Idea: Orang Muda untuk Pelayanan Publik Prima

Mempromosikan dan mendukung partisipasi bermakna orang muda untuk membantu pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas pelayanan publik melalui ide dan inovasi.

Kepesertaan

Kamu bisa mendaftar mewakili organisasi pada kategori Akademisi/Praktisi.

Ide

Betul. Lokasi tersebut adalah Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, dan Banten. Setiap ide hanya perlu menjawab masalah dari satu provinsi saja.

Peserta dapat mengambil memilih salah satu isu dengan latar belakang yang disesuaikan dengan kondisi salah satu provinsi dan dijawab dengan salah satu bentuk ide yang telah ditentukan.

Contoh (studi kasus dan solusi hanya karangan belaka):
Di Provinsi Banten, ditemukan banyak tunawisma yang mengalihfungsikan trotoar di pasar sebagai tempat istirahat sementara. Mereka mengatakan bahwa mereka tidak memiliki uang yang cukup untuk mencari tempat tinggal yang layak. Di sisi lain, pemerintah sudah menyediakan rumah susun gratis yang siap ditinggali. Untuk menuntaskan masalah tersebut, kamu memiliki ide untuk menghubungkan tunawisma tersebut dengan Dinas Sosial setempat. Kamu membuat sistem yang membantu kepala pasar mendata kebutuhan tunawisma di pasar mereka masing-masing.

Dari contoh tersebut kamu bisa melihat:
Isu yang diambil: Kesejahteraan Sosial dan Pengentasan Kemiskinan
Lokasi Provinsi Banten
Ide: Sistem

Ideathon menerima ide yang belum pernah memenangkan kompetisi serupa seperti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), Innovation Government Award (IGA) dan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dan kompetisi sejenis lainnya.
Ide juga harus merupakan ide yang orisinal yang bukan hasil plagiat. Setiap peserta wajib menandatangani Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme pada saat mengumpulkan ide. Setiap tindak plagiat yang ditemukan pada kompetisi ini akan ditindak secara tegas oleh panitia.

Aturan Pemenang 

Ideathon akan mengambil pemenang dari masing-masing provinsi yang dilombakan. Pemenang dibagi berdasarkan kategori kepesertaan di masing-masing provinsi, yakni Mahasiswa, ASN, serta Akademisi/Praktisi.

Yuk ikut ambil peran wujudkan pelayanan publik prima lewat #BeribuIde di Ideathon Tons-Of-Idea!

Skip to content