Hivos

Hivos (Humanist Institute for Cooperation) adalah organisasi internasional yang berpusat di The Hague, Belanda. Didirikan pada 1968, hingga saat ini Hivos telah bermitra dengan berbagai organisasi masyarakat sipil di 33 negara di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Hivos bekerja untuk berbagai isu terkait hak asasi manusia, demokrasi, dan pluralisme.

Pada 2013 hingga 2015, bersama Pamflet dan tiga organisasi lainnya yaitu Pusat Kajian Gender dan Seksualitas FISIP UI, Rahima, dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Hivos mengelola gugus kerja untuk penguatan hak-hak kesehatan reproduksi dan seksual remaja bernama SEPERLIMA. Program ini melakukan berbagai kegiatan seperti penelitian, pelatihan, dan advokasi di sebelas (11) kota di Indonesia. Secara khusus, di dalam gugus kerja ini Pamflet bekerja untuk memperkuat kapasitas kelompok anak muda dalam melakukan advokasi terkait isu kesehatan reproduksi dan seksualitas, melalui berbagai kegiatan seperti pertemuan kelompok remaja, pelatihan, pendidikan publik, dan publikasi. Program ini juga didukung oleh Kedutaan Besar Norwegia untuk Indonesia.

Selain SEPERLIMA, Pamflet juga bekerjasama dengan Hivos untuk program Dialog Muda (2013-2015). Dialog Muda adalah kompetisi karya kreatif yang diselenggarakan di tiga negara, yaitu Indonesia, Guatemala, dan Kenya, untuk menyuarakan isu-isu remaja terkait kekerasan dan diskriminasi, keberagaman, dan HIV dan AIDS. Selain Pamflet, Hivos juga bekerjasama dengan Samsara (2013) dan GWL Muda (2013-2015). Kompetisi ini melibatkan juri-juri dari berbagai bidang dan profesi setiap tahunnya, termasuk selebriti seperti Reza Rahadian (2013) dan Chelsea Islan (2015), dan menerima ribuan karya kreatif dalam bentuk cerita pendek, puisi, foto, video, sketsa, dan masih banyak lagi dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap tahunnya, 20 finalis dari setiap negara dipilih untuk mengikuti kompetisi di tingkat internasional, dan satu karya terpilih diadaptasi menjadi film pendek di setiap negara. Kompetisi ini diselenggarakan dengan dukungan organisasi Global Dialogues.

Website:

https://sea.hivos.org/

Share This
Scroll to Top