ID | EN

1. Tentukan Tujuan

Menjadi orang yang peka terhadap keadaan sekitar merupakan hal yang sangat baik sebagai permulaan membangun gerakan. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui permasalahan apa yang sedang terjadi di sekitarmu dan kamu tergugah untuk mencari tahu solusinya. Mengetahui sebuah permasalahan bukan hanya perkara kamu mengeluh terhadap suatu hal, melainkan dapat mencari tahu apa penyebab dari permasalahan tersebut. Tidak berhenti di situ saja, jika kamu memang memiliki keinginan untuk menginisiasi perubahan, maka kamu juga perlu menjelaskan apa tujuan yang ingin kamu capai dalam usaha menyelesaikan permasalahan tersebut.

 

Dalam merumuskan masalah dan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, kamu perlu menentukan langkah-langkahnya dengan cermat. Sebuah perubahan yang melibatkan sebuah peraturan dalam sebuah masyarakat tentu akan melibatkan berbagai pihak, termasuk para pemegang kekuasaan yang membuat peraturan tersebut. Ada 4 pertanyaan mendasar yang butuh kamu jawab sebelum kamu menentukan tujuan gerakanmu.

  1. Apa yang menjadi masalah
  2. Apa yang perlu diubah?
  3. Siapa yang perlu kita pengaruhi?
  4. Bagaimana cara mempengaruhi mereka?

Dalam menjawab pertanyaan ini tentu akan sulit jika kamu memikirkannya sendiri. Kamu butuh diskusi bersama teman-temanmu untuk menjawabnya dengan teliti. Setelah itu, kamu bisa membuat pohon permasalahan dan pohon solusi dari jawaban-jawaban yang sudah kamu identifikasikan.

 

Terdapat 2 pohon yang butuh kamu rancang sebagai permulaan penentuan tujuan gerakan: (1) pohon permasalahan dan (2) pohon solusi. Kamu bisa membuat 2 pohon tersebut memiliki 3 bagian utama: akar, batang, dan daun. Dalam pohon masalah, kamu dapat mengidentifikasi penyebab permasalahan yang ada. Kamu dapat melengkapi bagian ini dengan beberapa hal seperti peraturan pemerintah apa yang menyebabkan permasalahan, serta keadaan di masyarakat yang mendukung permasalahan tersebut terus berkembang. Jika memang peraturan tersebut yang menjadi permasalahannya, maka kamu harus bisa menjawab apa yang menyebabkan peraturan tersebut dapat diterapkan.

 

Tahap selanjutnya adalah menentukan permasalahan secara rinci di bagian batang pohon, setelah itu kamu dapat melengkapi bagian daun dengan pengaruh dari permasalahan tersebut terhadap keadaan sosial di sekitarmu. Ingat, dalam merumuskan semua hal ini, kamu butuh melenngkapinya dengan data-data yang valid dan dapat dipercaya.

 

Meskipun hampir sama dengan pohon masalah yang memiliki 3 bagian utama dalam pohon, bagian-bagian dalam pohon solusi terdiri dari: akar (penyebab), batang (solusi), dan daun (pengaruh). Kamu harus menjelaskan secara rinci dan fokus solusi kamu dalam pohon ini sehingga nantinya kamu dapat mengidentifikasi tujuan akhir yang benar-benar ingin kamu capai dalam gerakan yang kamu bangun. Kegiatan membuat pohon masalah dan pohon solusi ini dimaksudkan untuk menentukan tujuan utama dari sebuah gerakan dan mengidentifikasi siapa yang dapat kita pengaruhi untuk mencapai tujuan tersebut. Tentukan tujuan perubahan kamu secara SMART:

  1. Specific (jelas dan rinci)
  2. Measurable (terukur)
  3. Achievable (dapat diraih)
  4. Realistic (nyata)
  5. Time-bound (memiliki tenggat waktu)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Lain

Skip to content