ID | EN

3. Rencana Aksi

Terdapat 3 komponen rencana aksi yang butuh kamu persiapkan sebelum mulai terjun melakukan kampanye sebagai bagian dari gerakanmu. Komponen-komponen tersebut meliputi (1) Cara mempengaruhi target, (2) Manajemen risiko, dan (3) Pengamatan keberhasilan. Setiap komponen ini sangat berkaitan satu dengan yang lainnya karena setiap taktik yang sudah direncanakan dalam poin 1 (cara mempengaruhi target) akan memiliki manajemen risiko tersendiri apabila taktik tersebut gagal mencapai target yang diamati lewat cara yang sudah dirinci di poin 3 (pengamatan keberhasilan). Rincian yang butuh kamu lengkapi untuk merancang cara mempengaruhi target terdiri dari:

  1.  Cara mempengaruhi target
  2. Kegiatan yang dilakukan untuk mempengaruhi target
  3. Orang yang bertanggung jawab terhadap kegiatan
  4. Waktu kegiatan tersebut akan dimulai dan selesai

Sebuah rencana aksi yang baik tentu dapat dibuat dalam sebuah tabel dan mengusahakan setiap poin tersebut tidak kosong. Kamu bisa melihat macam-macam kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk mempengaruhi target di bagian contoh-contoh aktivisme dalam situs ini juga lho! Rincian yang butuh kamu lengkapi untuk merancang manajemen risiko terdiri dari:

  1. Manajemen risiko
  2. Risiko yang ada
  3. Pencegahan
  4. Penanggulangan

Setiap manajemen risiko dibuat sesuai dengan banyaknya cara mempengaruhi target yang sudah dirinci dalam poin sebelumnya. Rencana yang baik tentu memiliki manajemen risiko di setiap langkah yang akan diambil. Kamu juga bisa membuat tabel manajemen risiko ini seperti sebelumnya. Rincian yang butuh kamu lengkapi untuk merancang pengamatan keberhasilan terdiri dari:

  1.  Pengamatan keberhasilan
  2. Yang perlu diamati
  3. Sumber
  4. Waktu pengamatan

Buatlah tabel seperti 2 poin sebelumnya untuk merancang pengamatan keberhasilan. Setiap cara yang ditempuh untuk mempengaruhi target memiliki pengamatan keberhasilan tersendiri.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Lain

Skip to content