ID | EN

4. Tentukan Kawan dan Lawan

Terkadang, meskipun kamu dan temanmu yakin bahwa kamu sedang memperjuangkan sesuatu yang baik, tidak semua orang setuju atau sependapat dengan kamu. Tentu kamu juga akan merasa ragu apakah pihak tertentu akan mendukung atau menolak tujuan besar gerakanmu. Nah, ini saatnya kamu menentukan siapa kawan dan siapa lawan.

Kawan adalah pihak-pihak yang dapat membantu kamu membuat perubahan, sedangkan lawan adalah pihak yang harus kita pengaruhi agar dapat menjadi mendukung usaha perubahan kamu. Ingat, lawan bukan berarti musuh, melainkan orang-orang yang bisa saja menghambat proses perubahan yang sedang kamu lakukan sehingga kamu butuh trik khusus untuk mempengaruhi mereka. Tapi kamu juga harus ingat bahwa lawan bisa berubah menjadi lawan dan begitu juga sebaliknya.

Dengan menggunakan kekuatan sebagai sebuah tim dan merancang taktik yang tepat, kamu tentu dapat menambah kawan dalam usaha perubahan yang kamu jalani. Kawan yang sudah kamu identifikasi bisa saja kamu ajak untuk bergabung dalam gerakanmu dan melaksanakan beberapa tugas yang sudah kamu rinci di proses perencanaan aksi (proses #3).

Menentukan siapa kawan dan lawan merupakan proses yang tidak boleh ditinggalkan karena akan mempertajam sasaran gerakan. Proses ini juga dapat membuat kamu dapat memperkirakan sebesar apa kekuatan pendukung yang kamu punya, serta melatih kamu untuk berpikir tajam dan menyeluruh terhadap sebuah permasalahan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Lain

Skip to content