ID | EN

Ulasan non-sinefil: Encanto

Ulasan film

Peringatan: Mengandung spoiler atau bocoran dari film Encanto.

Encanto (2021) adalah animasi musikal terbaru yang dikeluarkan oleh Walt Disney. Film ini menceritakan kehidupan Mirabel dan keluarganya, yang tinggal di sebuah desa di wilayah Kolombia. Keluarga Madrigal, begitu namanya, bukan keluarga biasa. Setiap anggota keluarga ini memiliki kekuatan spesial yang berasal dari kejadian ajaib namun begitu sedih yang dialami sang nenek, Abuela Alma lima puluh tahun lalu. Bukan saja anggota keluarga, bahkan rumah yang mereka tinggali adalah rumah atau casita ajaib yang hidup.

In case you need a good cry…

Film Encanto menceritakan perjalanan Mirabel memecahkan misteri di dalam keluarga Madrigal. Upayanya memecahkan misteri ini pada akhirnya membuat seluruh anggota keluarga Madrigal lebih mengerti arti keluarga bagi mereka sendiri dan komunitas mereka. 

Buat kamu yang gampang mewek dengan cerita tentang keluarga, film ini mungkin bisa membuat kamu merasakan emosi senang, sedih, dan terpesona. Film ini ringan, namun mampu membuat kita merasakan perasaan yang campur aduk sambil diiringi lagu dan musik yang begitu asik.

Satu hal yang bisa dimaknai dari Encanto adalah bagaimana karakter-karakter dengan kekuatan ajaib pun pada akhirnya akan lelah dan tidak sanggup menghadapi tekanan yang datang terus menerus. Meski tekanan itu bisa diatas, namun apabila datang terus menerus dan dibawa sendiri bisa membuat kepala kita mau pecah rasanya. Lagu yang dibawakan oleh karakter Luisa Madrigal merangkum poin ini dengan cukup gamblang.

I’m the strong one, I’m not nervous

I’m as tough as the crust of the earth is

I move mountains, I move churches

And I glow ‘cause I know what my worth is

~~~

Under the surface

I feel berserk as a tightrope walker in a three-ring circus

Under the surface

Was Hercules ever like “Yo, I don’t wanna fight Cerberus”?

Under the surface

I’m pretty sure I’m worthless if I can’t be of service  

Selain Luisa, ada pula Pepa si pengendali cuaca. Kondisi hatinya menentukan cuaca di sekitarnya. Sekuat apapun Luisa mencoba, apabila ia sedang berada di bawah tekanan maka hujan dan badai akan membasahi dirinya dan orang di sekitarnya. 

Karakter-karakter lainnya juga menarik dan keren. Tapi, tidak akan aku bahas di ulasan singkat ini, supaya tidak banyak spoiler. Langsung saja, kalau kamu sedang ingin bersantai dengan menonton, Encanto bisa jadi film salah satu rekomendasi dari kami. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Lain

Skip to content