ALAT AJAR PRIBADI SERI TOLERANSI: Jurnal 21 Hari Membangun Toleransi

19MB
/
pdf
/
2022

Deskripsi

Apa yang kamu ketahui mengenai keberagaman di Indonesia? Ketika kamu melihat keberagaman yang ada di sekitarmu, bagaimanakah sikapmu? 

Berempati dan individu yang beragam tentunya sudah kita pelajari sejak kecil. Rasa empati itu yang dapat menimbulkan sikap toleransi dan juga pluralisme. Tapi bagaimana sih perilaku yang menunjukkan sikap toleransi dan pluralisme itu sendiri? Meski sudah sering kita pelajari di rumah maupun di sekolah, sayangnya belum banyak metode belajar toleransi dan pluralisme yang bisa kita temukan dan gunakan sehari-hari. Sayang banget, kan, kalau pemahaman mengenai toleransi dan pluralisme tidak kita praktikkan dalam kegiatan kita bersama teman-teman? 

Untuk itu, Pamflet bekerja sama bersama Leader Lab Indonesia, Paduka Play, serta guru dan pelajar dari 4 sekolah dan madrasah di Sulawesi Selatan menyusun Alat Ajar Seri Toleransi. Melalui alat ajar ini, kamu dapat belajar sendiri maupun bersama teman-temanmu untuk memahami lebih dalam mengenai toleransi dan pluralisme.

Dimulai dari diri sendiri: Alat Ajar Pribadi “Jurnal 21 Hari Membangun Toleransi”
Meski sendiri, bukan berarti tidak ada kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan diri! Selama 21 hari, peserta didik akan belajar melalui proses refleksi, materi ajar, dan permainan yang dapat dimainkan secara mandiri. Jurnal ini disusun untuk membantu para remaja dalam berproses membangun toleransi, kesetaraan gender, dan inklusi sosial, baik dari segi pengetahuan dan juga sikap diri. Proses refleksi selama mengisi jurnal juga memberi ruang bagi peserta didik untuk memahami bias dan stereotip yang mungkin sudah tertanam dalam dirinya. Kami percaya bahwa toleransi perlu dimulai dari pengenalan diri kemudian beranjak ke lingkungan yang lebih luas.

Kamu akan memulai perjalanan mengenali diri dan lingkunganmu mengenai Jurnal 21 Hari Membangun Toleransi ini! Siapkan waktu setiap hari untuk mengisi kegiatan yang ada. Mulai dari mengenal diri sendiri, mengenal keluarga, pengalaman di sekolah, dan juga pengalaman di lingkungan sekitar. Tidak hanya membaca dan menulis, kamu juga akan diajak untuk menggambar, mewarnai, mencocokkan, mengisi teka-teki silang, dan kegiatan menyenangkan lainnya!

Petunjuk Pencetakan
Siapapun dapat mengakses Jurnal 21 Hari Membangun Toleransi! 
Jika kamu adalah pelajar SMA/setara yang tertarik untuk mempelajari mengenai toleransi dan pluralisme, atau mungkin kamu adalah orang dewasa (guru, orang tua, kakak, atau pegiat toleransi) yang ingin mendorong pembelajaran toleransi dan pluralisme bagi pelajar SMA/setara, kamu dapat mengunduh dan mencetak alat ajar ini secara mandiri! 

Cetaklah Jurnal pada kertas berukuran A4. Usahakan mencetak alat ajar dengan warna dan dicetak secara utuh (seluruh halamannya) agar tidak ada informasi yang kamu lewatkan. Pada bagian-bagian reflektif, isilah jurnal sesuai dengan keadaan atau pemahamanmu. Orang tua, guru, kakak, atau pegiat tak perlu memeriksa secara detail jurnal yang telah diisi oleh peserta didik, namun bukalah ruang diskusi untuk memastikan pemahaman peserta didik mengenai keberagaman, toleransi, dan pluralisme. 

Jika kamu membutuhkan Jurnal yang sudah dicetak dalam jumlah banyak untuk keperluan komunitas atau keperluan sekolahmu, atau jika kamu ingin mencetak jurnal ini dalam jumlah banyak dan memerlukan dokumen dengan kualitas resolusi yang lebih baik, kirimkan email ke halo@pamflet.or.id dan youthchallenge@pamflet.or.id dengan memperkenalkan dirimu, jelaskan tujuan penggunaan Jurnal 21 Hari Membangun Toleransi, serta dokumen yang kamu butuhkan.

e-book-CREATE_21-Hari-Membangun-Toleransi_print.pdf (210 downloads)

Masih Bingung? 
Belajar merupakan proses jangka panjang! Sekiranya kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai keberagaman, toleransi, pluralisme, kesetaraan gender, inklusi sosial, dan topik-topik lain yang terkait, kamu dapat mengunjungi laman Frequently Asked Questions: Alat Ajar Seri Toleransi CREATE (Creative Youth for Tolerance).

Setelah selesai belajar secara pribadi, kamu juga bisa loh belajar toleransi dan pluralisme bersama-sama dengan teman-temanmu. Untuk informasi lengkapnya, kunjungi laman ALAT AJAR KELOMPOK SERI TOLERANSI: Permainan Kartu “Sewarga”!

Tim Penyusun Jurnal 
Jurnal ini dibuat oleh Perkumpulan Pamflet Generasi melalui Program CREATE (Creative Youth for Tolerance), bekerja sama dengan Leader Lab Indonesia. Tim Penulis, Peneliti, Ilustrator, dan Penata Letak yang terlibat: Wulansari Ardianingsih, Ignatia Dyahapsari, Putu Winda Yuliantari, Eka Mitra Rachmawati, Annida Anastiani.

Jurnal ini disusun dengan konsultasi bersama guru dan pelajar dari SMAN 7 Makassar, SMAN 1 Makassar, SMAN 14 Gowa, dan MAN 1 Makassar. 

This document is made possible by the support of the American People through the United States Agency for International Development (USAID). The contents of this document are the sole responsibility of Perkumpulan Pamflet Generasi and do not necessarily reflect the views of USAID or the United States Government. 

Publikasi ini dapat dibuat dengan dukungan dari rakyat Amerika melalui United States Agency for International Development (USAID). Isi publikasi ini merupakan tanggung jawab dari Perkumpulan Pamflet Generasi dan tidak mencerminkan pandangan dari USAID atau Pemerintah Amerika Serikat.
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Pengetahuan Lain

Skip to content