Serba-Serbi Fasilitasi: Pembelajaran Berkegiatan Bersama Orang Muda

19MB
/
PDF
/
2022

Deskripsi

Pamflet, melalui program CREATE (Creative Youth for Tolerance) mendapatkan kesempatan untuk menjangkau dan memfasilitasi orang muda, khususnya pelajar SMA/Setara dari tahun 2020 hingga 2023 ini. Selain pada program CREATE, kami juga memiliki banyak kesempatan berkegiatan dengan beragam orang muda dalam program-program lain. Orang muda yang terlibat di antaranya, mahasiswa, komunitas rentan dan termarjinalkan, komunitas seni, dan kelompok-kelompok muda lain. 

Tentunya kita bisa sepakat bahwa banyak perubahan yang terjadi selama tahun 2020 hingga 2023. Pada situasi yang bisa kita labeli sebagai krisis ini, Pamflet berusaha keras untuk tetap menjadi wadah bagi orang muda berkarya di  berbagai isu sosial dan budaya. Untuk mengarsipkan seluruh pembelajaran yang telah Pamflet dapatkan, baik sebagai organisasi maupun sebagai pelaksana program CREATE, maka buku ini kami buat. 

Di kantor kami, ada sebuah sofa merah yang biasanya kami gunakan untuk duduk-duduk santai bila pekerjaan sudah rampung. Sambil menyeruput kopi (atau minuman gula-gula kekinian) dan makan jajanan yang  dibeli dari sekitar kantor, di sofa merah itu, satu-dua orang tim Pamflet mulai mendiskusikan hal-hal “bodoh” yang tak jarang membuahkan refleksi, pembelajaran, atau ide-ide liar. Harapan kami, buku ini dapat menjadi sofa merah bagi teman-teman pembaca.

Melalui buku ini, Pamflet membagikan pengalaman kami yang sederhana namun sungguh berarti. Kami berharap buku yang berisikan tentang pelajaran tersebut dapat bermanfaat bagi teman-teman saat  berkegiatan bersama orang muda ke depannya. Pamflet membayangkan organisasi sipil, komunitas, kolektif, individu, lembaga swasta, dan juga lembaga pemerintah, dapat menyusun kegiatan bersama orang muda dengan lebih baik dan bermakna!

Pamflet-Generasi_Serba-Sebi-Fasilitasi_2023_ISBN.pdf (236 downloads)

Penulis: Rebecca Liony, Firdaus Habibu Rohman, N. Aidawardhani
Penyunting: Astried Permata
Ilustrator: N. Aidawardhani
Tata Letak: Sang Daulat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Pengetahuan Lain

Skip to content