Membedah Rasa Tak BeriZine (Kompilasi)

9,45MB
/
PDF
/
2024

Deskripsi

Tekanan emosional dan burn-out menjadi hal paling sering ditemui oleh orang muda yang mulai terlibat pada gerakan sosial. Kerentanan lainnya seperti intimidasi, ancaman, dan penahanan tidak adil menjadi tambahan tekanan bagi orang muda yang menjadi aktivis pada isu yang dekat dengan dirinya.

Kerja-kerja perawatan secara mental perlu dilakukan untuk mendorong kesadaran akan kesejahteraan mental aktivisnya sehingga menciptakan gerakan sosial yang berkelanjutan. Perkumpulan Pamflet Generasi (Pamflet) sebagai simpul dari aktivis dan gerakan muda mencoba mengisi ruang kerja perawatan aktivisme ini melalui kegiatan “Tektalks: Membedah Rasa Tak BeriZine,”

Kapan terakhir kali kamu berbicara dengan diri sendiri dan mencoba memahami perasaan-perasaan yang kamu alami ketika melihat kondisi sosial terkini? Pada momentum kemerdekaan ini, Pamflet memberikan wadah eksplorasi perasaan bagi aktivis muda, yang seringnya terabaikan pada keseharian aktivisme mereka. Pamflet mendorong kerangka pikir baru mengenai kemerdekaan yang tidak hanya menjadi momentum selebrasi, namun juga refleksi pemaknaan kemerdekaan dari sudut pandang aktivis sosial muda. Terlepas dari tuntutan pekerjaan atau pembahasan isu sosial, acara ini diharapkan dapat menjadi forum stress relief dengan memfasilitasi peserta untuk berbagi tantangan pribadi dan perjuangan mereka yang kemudian dituangkan melalui media Zine

Acara ini disusun dan dibuat oleh orang muda, untuk orang muda. Selama periode Mei-Agustus 2024, tiga orang pemagang “Ma-Gang” muda Pamflet menyusun beberapa kegiatan penguatan aktivis dan gerakan berdasarkan fenomena yang dekat dan dibutuhkan oleh orang muda saat ini. Acara “Tektalks: Membedah Rasa Tak BeriZine” yang diadakan pada 18 Agustus 2024 merupakan bagian dari acara Piknik Merdeka yang merupakan kolaborasi antara Yayasan Humanis, Kemitraan, Purple Code, dan Pamflet.

Kumpulan Zine ini bukan hanya menjadi catatan kegiatan Pamflet, namun juga menjadi ruang bagi aktivis muda untuk memahami bahwa perasaan-perasaan yang mereka alami selama beraktivisme merupakan pengalaman yang bisa saja dialami oleh aktivis muda lainnya. Melalui kumpulan Zine ini, Pamflet berharap semangat solidaritas dan kerja perawatan kesehatan mental aktivis muda dapat terus digalakkan di tengah semakin pentingnya gerakan sosial yang berkelanjutan.

Membedah-Rasa-Tak-Berizine-2.pdf (82 downloads )
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Pengetahuan Lain

Skip to content