[Mixtape] World Environment Day

Ibu bumi wis maringi

Ibu bumi dilarani

Ibu bumi kang ngadili”

(Ibu bumi sudah memberi

ibu bumi disakiti

ibu bumi yang mengadili)

 

Demikian petikan dari lagu Syahadat Bumi (Ibu Bumi Dilarani). Diciptakan oleh komunitas adat Sedulur Sikep dari pegunungan Kendeng. Syair tersebut adalah do’a. Sebuah ungkapan syukur sekaligus peringatan. Bagi sedulur sikep bumi adalah ibu yang harus dijaga dan dirawat. Ketika Bumi dirusak manusia akan menerima akibatnya. Lagu tersebut menjadi anthem perjuangan warga melawan tambang semen di Pati dan tempat lain.

Pesan lagu tersebut jelas dan sederhana. Mengajak kita untuk merawat alam dan melestarikannya. Selain lagu tersebut ada beberapa lagu lain yang menyuarakan hal yang sama. Saya mengumpulkannya menjadi sebuah mixtape agar mudah didengarkan oleh siapapun di mana pun.

Tema lingkungan dipilih tentu saja karena hari ini adalah World Environment Day. Setiap tanggal 5 Juni dunia memperingatinya sebagai pengingat betapa pentingnya melestarikan lingkungan hidup.

Membuat  mixtape nyatanya gampang-gampang sulit. Kesulitan paling besar adalah memilih lagu-lagu yang mempunyai pesan yang spesifik sekaligus relate dengan kehidupan banyak orang. Tentu ada kemungkinan gagal. Jika disederhanakan sebenarnya ini persoalan referensi dan selera saja. Tapi ya gimana, toh dalam dunia pemixtapean subjektifitas selera bukanlah dosa.

Besar harapan mixtape ini akan menjadi semacam amplifikasi untuk pesan-pesan pelestarian lingkungan. List dibuat dengan mengedepankan kandungan pesan dalam lagu. Diurutkan dari yang paling halus sampai yang paling badas tanpa bermaksud mengurutkan siapa lebih baik.

Akhirnya Happy World Environment Day Indonesia. Selamat menikmati.

Playlist:

  1. Akar Bambu – Soedirman Soedjono
  2. Dead Trees – Navicula
  3. Sisir Tanah – Lagu Alternatif
  4. Rubah Di Selatan – Mata Air Mata
  5. Efek Rumah Kaca — Merdeka
  6. Barasuara –  Guna Manusia
  7. Iwan Fals – Isi Rimba Tak Ada Tembak Berpijak
  8.  Aurora – The Seed
  9.  Jamiroquai – When You Gonna Learn
  10.  Bad Religion – Kyoto Now!
  11.  Marvin Gaye – Mercy Mercy Me
  12.  Radiohead – Idioteque
  13.  Morgue Vanguard x Doyz – Check Your People

 

Link Mixtape:

Share This
Scroll to Top
5 Inklusif

Tetap Terhubung!

Berlangganan Nawala Kami untuk mendapatkan kabar dan informasi terbaru.