ID | EN

Ulasan non-sinefil: Don’t Look Up (2021)

Dont look up

Peringatan: Mengandung spoiler atau bocoran dari film Don’t Look Up.

Jika kalian sedang penat dan butuh tontonan hiburan, film Don’t look up bisa menjadi opsi tontonan kalian. Film ini bercerita tentang kandidat PhD astronomi Kate Dibiasky bersama profesornya Dr. Randall Mindy yang berusaha menyampaikan temuan mereka mengenai komet yang akan menabrak bumi ke publik, namun banyak yang tidak begitu peduli. 

FYI, kometnya berukuran sekitar 100 kali lapangan sepak bola dan akan menabrak planet bumi dalam kurun 6 bulan 14 hari. Sungguh sangat besar dan waktu yang singkat bukan? :))

Oh iya, waktu Kate dan Dr. Mindy bertemu presiden yang ditunggu semalaman suntuk, presidennya cuma bilang: “Sit tight and assess.” Gimana tidak sebel, tuh? 

Lelucon-lelucon satir di film ini terasa cukup dekat dan tidak asing. Bisalah dibayangkan hal serupa, seperti bagaimana pemerintah cukup acuh tak acuh melihat masalah kesehatan, lingkungan, dan sosial di negeri yang katanya ‘tanah surga’. Atau, apakah sebenarnya memang sudah terjadi, sih? Seperti waktu penanganan awal COVID-19, deforestasi untuk bisnis sawit, korupsi bansos, dan.. you name it, lah! Lebih lanjut, untuk rating filmnya cukup di atas rata-rata, ya. Bagaimanapun, ibarat makanan, setiap orang punya selera. Jadi, wajar kok kalau kalian kurang cocok sama leluconnya. 

Walau banyak hal menarik yang bisa dibahas sepanjang film ini, tokoh extras Riley Bina yang diperankan oleh Ariana Grande cukup menarik perhatian. Ia awalnya hanya hadir sebagai karakter cukup menyebalkan saat pengumuman soal kedatangan komet di media. Namun, menuju babak akhir film, Riley Bina hadir kembali bersama Vroom Vroom Army menjadi pendukung Kate dan Dr. Mindy untuk menyampaikan kebenaran akan datangnya komet. 

Yang jadi menarik juga, Riley Bina bersama kekasihnya DJ. Chello menyanyikan sebuah lagu berjudul ‘Just Look Up’ yang berisi pesan dan lelucon satir perlawanan dengan kemasan musik pop yang sangat easy listening. Lagu ini juga menjadi musik latar perjuangan Kate dan kawan-kawannya untuk melawan, walaupun penuh dengan lirik yang jenaka dan satir. 

Look up

What he’s really trying to say

Is get your head out of your ass

And listen to the goddamn qualified scientists

We really fucked it up, fucked it up this time

It’s so close I can feel the heat big time

You can act like everything is alright

but this is probably happening in real time

Singkatnya, Don’t Look Up karya Adam McKay kami rekomendasikan untuk ditonton sebagai hiburan dan bahan bakar perlawanan lewat satir komedi. Selamat menonton!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Lain

Skip to content