ID | EN

Newsletter Edisi September 2021: Suar Suara

14.5 MB
/
PDF
/
2021

Deskripsi

Belajar Dari #NahkodaMuda

Dunia aktivisme beberapa tahun ke belakang ini rasanya semakin banyak diisi oleh suara-suara muda. Baik di Indonesia maupun secara global, anak muda (pelajar sekolah menengah hingga mahasiswa) memulai banyak bentuk gerakan dan aktivisme dalam memperjuangkan keadilan sosial. Di dalam negeri, salah satu momentum besar yang kita saksikan adalah aksi #ReformasiDiKorupsi. Di balik momentum ini, ada banyak inisiatif yang dilakukan oleh anak muda seperti berdiskusi, membentuk kolektif, melakukan kampanye, hingga advokasi ke pemangku kebijakan. Secara global, kita juga melihat tren gerakan anak muda dalam berbagai isu. Salah satu yang terbesar adalah gerakan #FridaysForFuture, sebuah gerakan untuk mogok sekolah guna menuntut terwujudnya keadilan iklim.

Lebih spesifik, anak muda juga banyak melakukan kegiatan aktivisme dalam bidang HKSR (Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi). Di bidang ini, anak muda menjadi salah satu kelompok yang berupaya untuk mendobrak stigma dan tabu untuk membicarakan hal-hal yang dianggap “kurang sesuai” dengan norma sosial. Di Indonesia, anak muda berupaya untuk membuka akses terhadap informasi, edukasi, dan layanan yang komprehensif mengenai hak kesehatan seksual dan reproduksi. Sulitnya akses ini muncul dari budaya dan struktur yang masih belum terbuka pada nilai-nilai kesetaraan termasuk yang berkaitan dengan isu HKSR.

Melalui newsletter ini, Pamflet hendak memunculkan suara-suara dari para #NakhodaMuda yang sudah memulai aktivismenya secara umum dan juga pengalaman lebih spesifik dalam isu HKSR. Newsletter ini diawali dengan cerita dari Mutiara mengenai pengalamannya memulai aktivisme, dilanjutkan dengan cerita tentang para anak muda di Desa Gebang yang ingin agar desanya memiliki lapangan desa. Lebih lanjut, kami akan membahas mengenai pentingnya isu kesehatan mental dan gerakan pencegahan bunuh diri terutama di kalangan anak muda. Kemudian, akan ada cerita dari teman-teman muda SAPDA dari Yogyakarta dan para relawan Sukaria Remaja yang membantu penyebaran informasi dan edukasi kepada sesama teman muda.

Di antara tulisan ini, Pamflet juga menyajikan beberapa informasi menarik dan menyenangkan yang bisa menambah pengalaman para pembaca secara unik.

Selamat membaca!

Tim Pamflet Generasi

Klik untuk mengunduh informasi lebih detail:
Newsletter Edisi September 2021: Suar Suara
(123 kali diunduh)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Pengetahuan Lain

Skip to content