ALAT AJAR KELOMPOK SERI TOLERANSI: Permainan Kartu “Sewarga”

19MB
/
pdf
/
2022

Deskripsi

Apakah kamu sudah lebih memahami apa itu toleransi dan pluralisme setelah mengisi Jurnal 21 Hari Membangun Toleransi? Eits, kali ini kita akan mengenal keberagaman, toleransi, dan pluralisme lewat permainan kelompok bernama “Sewarga”

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita menemukan berbagai perbedaan dan keberagaman. Ternyata, meskipun kamu dan teman-temanmu berbeda, kamu tetap bisa berteman dan membangun hidup berkomunitas dengan berfokus pada kesamaan, loh! Mulai dari kesamaan ciri fisik, hingga kesamaan hal yang disukai. Saat membangun kelompok atau komunitas berdasarkan kesamaan-kesamaan ini, kita bisa menghindari konflik yang kerap terjadi. Karena pada dasarnya, kita hidup menginjak tanah dan melihat langit yang sama, bukan?

Untuk itu, Pamflet bekerja sama bersama Leader Lab Indonesia, Paduka Play, serta guru dan pelajar dari 4 sekolah dan madrasah di Sulawesi Selatan menyusun Alat Ajar Seri Toleransi. Melalui alat ajar ini, kamu dapat belajar sendiri maupun bersama teman-temanmu untuk memahami lebih dalam mengenai toleransi dan pluralisme. 

Yuk main bareng! Sewarga, Fokus pada kesamaan bukan perbedaan.

Setelah berproses sendiri, ini saatnya kamu mengenal keberagaman bersama teman-temanmu! Melalui permainan kartu Sewarga ini, kamu dapat melakukan simulasi mencari kesamaan di antara kartu-kartu karakter yang memiliki beragam identitas. Mulai dari asal sukunya, pekerjaannya, atau gendernya. Eits, kamu juga bisa mencari kesamaan dari ciri fisiknya, misalnya warna kulit, abilitas, atau pakaiannya. Proses bermain bersama ini dapat menjadi ruang bagi kamu untuk memahami mengenai toleransi, pluralisme, kesetaraan, dan inklusi, tetapi juga menjadi wadah bagi kamu untuk mengetahui, apa saja sih keberagaman yang ada di Indonesia.

Dokumentasi: Mahavira Mesha/Paduka Play

Cara Bermain

Permainan dimulai! Saat ini kamu dan teman-temanmu berperan sebagai tetua suku yang baru saja tiba di daerah baru. Para tetua harus memastikan setiap warga memiliki tempatnya masing-masing di dalam pemukiman ini. Setiap tetua harus mencocokan kartu warga di tangan dengan komunitas yang ada di area permainan. Tetua yang berhasil menghabiskan semua kartu di tangannya akan memenangkan permainan. Penasaran? Temukan cara bermain kartu Sewarga selengkapnya pada Lembar Aturan Permainan atau kamu bisa menonton video tutorial bermain Sewarga berikut ini!

Bagaimana cara mendapatkan kartu permainan Sewarga?

Jika kamu adalah pelajar SMA/setara yang tertarik untuk mempelajari mengenai toleransi dan pluralisme, atau mungkin kamu adalah orang dewasa (guru, orang tua, kakak, atau pegiat toleransi) yang ingin mendorong pembelajaran toleransi dan pluralisme bagi pelajar SMA/setara, kamu dapat mengakses set kartu permainan Sewarga!

Dikarenakan keterbatasan jumlah set kartu permainan Sewarga saat ini, set kartu akan diberikan berdasarkan permintaanmu! Kirimkan email ke halo@pamflet.or.id dan youthchallenge@pamflet.or.id dengan memperkenalkan dirimu, jelaskan tujuan penggunaan set kartu permainan Sewarga, serta berapa set yang kamu butuhkan

Dokumentasi: Pamflet Generasi

Masih Bingung? 

Belajar merupakan proses jangka panjang! Sekiranya kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai keberagaman, toleransi, pluralisme, kesetaraan gender, inklusi sosial, dan topik-topik lain yang terkait, kamu dapat mengunjungi laman Frequently Asked Questions: Alat Ajar Seri Toleransi CREATE (Creative Youth for Tolerance).

Tim Penyusun Kartu Permainan Sewarga

Kartu Permainan Sewarga: Seri Kartu Belajar Toleransi ini dibuat oleh Perkumpulan Pamflet Generasi melalui Program CREATE (Creative Youth for Tolerance), bekerja sama dengan Paduka. Tim Desainer, Penulis, Ilustrator, dan Faslitator yang terlibat: Mahavira Mesha, Alvikha Adrian, Yuri Maharani, Naufal Imam, Marani Fitra, Hafidh Muhammad.

Kartu Permainan Sewarga ini disusun dengan konsultasi bersama guru dan pelajar dari SMAN 7 Makassar, SMAN 1 Makassar, SMAN 14 Gowa, dan MAN 1 Makassar. 

This document is made possible by the support of the American People through the United States Agency for International Development (USAID). The contents of this document are the sole responsibility of Perkumpulan Pamflet Generasi and do not necessarily reflect the views of USAID or the United States Government.

Publikasi ini dapat dibuat dengan dukungan dari rakyat Amerika melalui United States Agency for International Development (USAID). Isi publikasi ini merupakan tanggung jawab dari Perkumpulan Pamflet Generasi dan tidak mencerminkan pandangan dari USAID atau Pemerintah Amerika Serikat.
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Pengetahuan Lain

Skip to content